Bawa 8 Tim Kuat, Tanggal Dimulainya MPL PH Season 9 Resmi Diumumkan

Regional pemenang dua seri World Championship tersebut diprediksi akan berlangsung sengit.

Perjalanan ranah kompetitif Mobile Legends kembali bergulir di awal tahun 2022 dari salah satu regional terkuat yaitu Filipina. Pengumuman dimulainya MPL PH Season 9 datang lebih awal setelah MPL KH Season 2.

Memang ajang MPL wilayah tersebut sangat dinantikan, apalagi statusnya sebagai regional penyumbang juara World Championship dua tahun berturut-turut.

Sumber: Moonton

Dimulainya ajang MPL PH Season 9 diumumkan langsung oleh Moonton. Melalui Facebook fanpage MPL Philippines, disebutkan bahwa ajang tersebut akan dimulai pada 18 Februari mendatang.

Untuk susunan tim masih sama dengan musim sebelumnya mengingat ajang MPL menggunakan sistem franchise. Meski sama, tentu akan banyak keseruan yang hadir layaknya di musim lalu saat Bren Esports tidak lolos ke M3 World Championship.

Delapan Tim di MPL PH Season 9

Seperti ajang MPL pada umumnya, sistem franchise ini akan membantu tim untuk dapat bertanding secara fokus di setiap minggunya. Tidak ada zona degradasi mengingat tim yang berpartisipasi harus mengeluarkan sejumlah uang investasi.

Berikut profil singkat 8 tim yang bertanding di MPL PH Season 9, antara lain:

Blacklist International

Sumber: M3
Bila mendengar MPL PH Season 9 tentunya nama Blacklist International akan sangat difavoritkan. Bagaimana tidak, tim ini bermain sangat dominan selama M3 World Championship berlangsung. Tim satu ini bisa dibilang menjadi yang terbaik hingga saat ini, apalagi setelah mengalahkan rekan senegaranya di grand final. Sukses di level dunia, Blacklist International juga terkenal sebagai juara di level lokal, seperti pemenang MPL PH Season 7 dan Season 8.

Blacklist International juga dinilai memiliki jajaran roster yang sangat lengkap dan imbang. Namun apakah mereka akan mendominasi MPL PH Season 9? Sepertinya tidak, apalagi setelah absennya Johnmar “OhMyV33nus” Villaluna dan Daneri “Wise” Del Rosario di tim tersebut.

ONIC PH

Sumber: M3
World
Bisa dibilang menjadi rival abadi Blacklist International, tim ONIC PH selalu tersingkir di tangan Wise dan kawan-kawan. Setelah kalah di final M3 World Championship, tentu ONIC PH siap membalaskan dendamnya. ONIC PH juga dikalahkan Blacklist International di grand final MPL PH Season 8. Rasanya Kairi dan kawan-kawan juga tidak tinggal diam mengingat absennya 2 pemain kunci Blacklist. Bila menentukan kapan waktu yang tepat untuk menjadi juara, rasanya MPL PH Season 9 harus menjadi milik ONIC PH. Apalagi tim tersebut belum pernah sekalipun menjadi juara di ranah kompetitif Mobile Legends: Bang Bang.

ECHO PH

Salah satu tim yang dirasa akan menjadi kekuatan tersembunyi di MPL PH Season 9. Beberapa pemain seperti Frediemar “3MarTzy” Serafico, Tristan “Yawi” Cabrera, dan jungler pemenang M2 World, Karl “KarlTzy” Nepomuceno memperkuat tim satu ini.

Nexplay EVOS

EVOS Esports mengembangkan sayapnya di Filipina dengan mengenalkan Nexplay EVOS. Tim tersebut akan bermain dengan kemampuan penuh setelah harus puas berada di posisi empat pada ajang MPL PH Season 8.

Omega Esports

Kekuatan mengejutkan berikutnya adalah Omega Esports, tim yang mampu menduduki peringkat ketiga pada gelaran MPL PH Season 8. Tim tersebut mampu mengalahkan Bren Esports, ECHO, hingga Blacklist pada babak Playoff musim lalu.

RSG PH

Memiliki pemain muda terbaik di musim lalu, John Cedrix Demonkite Caranto rasanya RSG PH masih cukup menakutkan di MPL PH Season 9 dengan beberapa pemain barunya.

Bren Esports

Sumber: Bren Esports
Sebagai juara M2 World, Bren Esports tampil sangat buruk di musim lalu. Bahkan mereka tidak lolos hingga ke babak Playoff. Selain karena sinergi tim, Bren Esports kehilangan beberapa pilar penting, salah satunya KarlTzy.

TNC Pro Team

Terkenal sebagai salah satu tim esports nomor satu di Filipina, namun TNC tidak mampu berbuat banyak di ranah kompetitif Mobile Legends. Tim tersebut menduduki peringkat 8 di musim lalu dan tidak melaju ke Playoff. Bahkan, tim TNC merombak penuh roster Mobile Legends miliknya, hanya menyisakan Chuu dan Benthings.