1. Startup

Rencana Bisnis Platform Ride-Sharing SWOOP Setelah Debut di Jakarta

SWOOP telah memiliki rute seputar SCBD, Kuningan, Monas, Bekasi, Tangerang, Bogor, Depok, Cibubur, dan Bintaro

Meluncur di Jakarta akhir tahun 2021, penyedia layanan transportasi alternatif berbasis ride-sharing SWOOP, saat ini telah menambah rute perjalanan mereka di beberapa lokasi.

Kepada DailySocial.id, Co-Founder & Direktur SWOOP Lim Wee Meng mengungkapkan, SWOOP ingin menjadi opsi kepada pekerja hingga mahasiswa, yang membutuhkan transportasi untuk bisa mengantar mereka mulai dari rumah hingga lokasi tertentu.

"Misi kami ingin mengatasi masalah yang ada di ekosistem transportasi di negara berkembang. Dimulai dari Jakarta, karena kami melihat persoalan di jalan saat ini. Di sisi lain kami melihat banyak mitra yang ingin menjalin kolaborasi strategis saat ini," kata Wee Meng.

Terdapat beberapa poin penting yang menjadi fokus dari Swoop. Di antaranya adalah persoalan keamanan. Mereka berkomitmen untuk menjamin keamanan di dua sisi, yakni penumpang dan pengemudi. Misalnya dengan ketersediaan Emergency Button untuk kedua belah pihak di aplikasi masing-masing.

SWOOP juga ingin memberikan kemudahan bagi penumpang saat melakukan perjalanan pulang-pergi, dengan memberikan tempat penjemputan dan pengantaran langsung ke tujuan. Melalui aplikasi, juga bisa dilihat secara langsung lokasi kendaraan untuk memudahkan mereka melakukan persiapan.

More Coverage:

Beam Segera Luncurkan Layanan Sewa Sepeda dan Skuter Listrik di Indonesia

"Berbeda dengan layanan ride-hailing pada umumnya, SWOOP memiliki efek sosial yang dibesarkan oleh pengguna. Serupa dengan layanan yang ditawarkan oleh taksi, namun kami memberikan pilihan harga yang lebih terjangkau mulai dari Rp10 ribu," kata Co-Founder SWOOP Michael Geric.

Perbedaan lain yang dimiliki oleh SWOOP dibandingkan dengan platform ride-hailing, mereka secara khusus menyediakan transportasi untuk kendaraan kapasitas besar. Bukan hanya 2 sampai 4 seater, namun sampai 19 hingga 20 seater.

Menurut mereka, saat ini banyak pemilik kendaraan yang mengeluhkan minimnya pemesanan saat hari kerja dan hanya banyak saat akhir pekan saja. Melihat opsi yang ditawarkan oleh SWOOP, menjadi ideal bagi mereka untuk bermitra guna memenuhi kuota penyewaan kendaraan.

More Coverage:

Revolusi Konsep "Ride Sharing" sebagai Alternatif Jasa Transportasi

Saat ini SWOOP telah mengantongi dana segar dari sejumlah investor strategis. Namun mereka enggan untuk menyebutkan siapa investor yang telah memberikan investasi. Untuk bisa menambah jumlah penumpang dan merekrut mitra, tahun ini perusahaan memiliki rencana untuk melakukan penggalangan dana lanjutan.

Perluas kolaborasi

Bagi pengguna yang ingin memesan layanan transportasi SWOOP, bisa langsung mengunduh dan melakukan pemesanan lewat aplikasi. Nantinya mereka bisa menentukan tempat penjemputan, jam penjemputan, hingga lokasi yang ingin dituju.

Saat ini rute yang ditawarkan oleh di antaranya seputar SCBD, Kuningan, Monas, Bekasi, Tangerang, Bogor, Depok, Cibubur, dan Bintaro. Ke depanya menyesuaikan permintaan dari pengguna mereka, akan ditambah rute baru yang kemudian bisa dikustomisasi.

Untuk menambah akses kepada penumpang, SWOOP juga telah menjalin kerja sama strategis dengan MRTJ. Kolaborasi ini dilakukan demi mendukung terlaksananya integrasi transportasi yang tepat bagi para komuter. Kehadiran SWOOP didasari oleh visi perusahaan dalam bertindak sebagai aggregator dalam menjembatani ketersediaan dan kebutuhan pilihan transportasi yang lebih nyaman, dan hemat bagi para komuter di area Jabodetabek dan sekitarnya.

“Kami sangat mengapresiasi dan bangga dapat bekerja sama dengan PT MRT Jakarta (Perseroda). Kolaborasi dengan MRT Jakarta merupakan langkah awal untuk mewujudkan misi kami dengan menyediakan kapabilitas transportasi yang lebih pintar, aman dan efisien,” kata Wee Meng.

More Coverage:

Fokus Raih Profit dan Bisnis Berkelanjutan, GoPay Mulai Kurangi Kegiatan "Bakar Uang"

Selain dengan PT MRT Jakart, SWOOP juga telah bekerja sama dengan beberapa mitra strategis lainnya dari berbagai latar belakang industri, mulai dari transportasi, developer pemukiman, hospitality, sekolah hingga jaringan ritel lokal.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again