Reddit Talk Adalah Tiruan Clubhouse yang Sangat Cocok untuk AMA

Bakal terintegrasi ke subreddit

Clubhouse sedang diserbu dari segala arah. Seakan belum cukup kompetisi yang datang dari Twitter, Discord, dan yang terbaru, Facebook, sekarang Reddit pun juga tengah bersiap untuk meluncurkan inisiatif serupa di bidang social atau live audio.

Kompetitor Clubhouse versi Reddit ini dinamai Reddit Talk, dan seperti yang bisa kita lihat dari tampilan antarmukanya, konsepnya benar-benar mirip seperti Clubhouse (dan tiruan-tiruan lainnya yang baru muncul belakangan ini): deretan pembicara ditempatkan di atas, diikuti oleh deretan pendengar di bawahnya.

Di porsi paling bawah, ada tombol untuk memberikan reaksi, serta tombol raise hand seandainya pendengar ingin meminta izin untuk berbicara kepada host maupun moderator. Sebagai forum dengan skala global, Reddit tentu punya pengalaman panjang perihal moderasi, dan ini pada dasarnya bisa menjadi jaminan atas kelengkapan tool moderasi yang terdapat pada Reddit Talk.

Di awal peluncurannya, Reddit Talk bakal terintegrasi dengan subreddit, forum-forum individual yang berfokus pada satu topik atau tema tertentu saja. Tiap-tiap subreddit memiliki deretan moderatornya sendiri, dan merekalah yang bisa memulai suatu sesi Reddit Talk, setidaknya di awal selagi fiturnya masih diuji coba.

Setelahnya, moderator dapat mengundang siapapun untuk menjadi pembicara. Untuk ikut menjadi pendengar di suatu sesi Reddit Talk, kita hanya butuh aplikasi Reddit di Android maupun iOS. Ke depannya, moderator subreddit dapat memilih sejumlah pengguna tertentu sehingga mereka bisa langsung memulai suatu sesi Reddit Talk tanpa harus menunggu ajakan moderator.

Satu format interaksi yang sudah sejak lama dipopulerkan oleh Reddit adalah AMA (Ask Me Anything), di mana seorang figur publik meluangkan sejumlah waktunya untuk menjawab pertanyaan demi pertanyaan yang diberikan oleh komunitas pengguna. Sesi live audio tentunya merupakan medium yang sangat sesuai untuk AMA, dan Reddit pun rupanya sedang mengeksplorasi fitur-fitur Reddit Talk yang dapat mendukung format AMA secara optimal.

Seperti yang saya bilang, Reddit Talk baru akan diuji secara terbatas, dan pengguna maupun moderator subreddit yang tertarik harus mengisi formulir untuk bergabung ke dalam waitlist.

Sumber: TechCrunch dan Reddit.