1. Startups

Amount of Indonesian Startup Funding Doubles in Q2 1 [UPDATED]

Trends in Q1 2022 startup funding data based on the type of round, industry segment, to the list of the most active investors and the largest investments

*There is additional data regarding the funding received by DANA worth $25 million from PT Bank Sinarmas Tbk

The first quarter (Q1) 2022 has just closed. A number of business achievements of the startup ecosystem in Indonesia have begun to be recorded, one of which is related to funding. Data DSInnovate noted, in this quarter there were 76 startup funding announced to the public. Of the 50 funding that stated the nominal, the total announced investment amounted to $1,22 billion.

This number is doubled (2x) if compared to Q1 2021. There were 40 funding transactions worth $554,7 million out of 24 announced nominal transactions. Consistently, the amount of funding obtained in the first quarter always increased 2x from 2020. This indicates that the pandemic has not discouraged investors from supporting startups in Indonesia.

Funding round trend

Ditinjau dari jenis putaran pendanaan yang didapat, seed funding alias pendanaan awal masih mendominasi secara jumlah. Hal ini ditengarai hadirnya beberapa model bisnis baru yang mencuri perhatian investor.

Di antaranya solusi quick commerce untuk merevolusi layanan Grocery, lalu ada sejumlah agrotech and aquatech baru yang mulai tervalidasi produknya, beberapa platform cryptocurrency, hingga startup direct-to-consumer.

Beberapa startup juga mendapatkan nilai yang signifikan dalam pendanaan awalnya. Seperti yang didapat Tip Tip besutan Albert Lucius, mantan pendiri Kudo. Dari East Ventures, Vertex, EMTEK, dan SMDV mereka membukukan dana $10 juta untuk mendukung debut bisnisnya.

Startup aquatech DELOS juga mendapatkan dukungan tambahan dari investor terdahulunya, termasuk Alpha JWC Ventures, MDI Ventures (melalui Cenaturi dan Arise), dan sejumlah investor lainnya. Mereka berhasil memperoleh dana awal senilai $8 juta. Sebanyak 13 putaran pendanaan awal bernilai lebih dari $2,5 juta.

Di data rekap pendanaan sepanjang 2021, kita melihat tren adanya peningkatan jumlah pendanaan tahap lanjutan (seri A atau di atasnya). Awal tahun ini tren tersebut belum terlihat signifikan, kendati beberapa putaran pendanaan lanjutan mendapatkan perolehan yang signifikan (di atas $20 juta).

Yang bisa menjadi catatan, beberapa startup yang tergolong masih baru mendapat kepercayaan investor-investornya untuk kembali membukukan investasi. Contohnya Astro dengan perolehan seri A yang tak lama berselang dengan pendanaan awalnya, menutup dengan nominal $27 juta. Juga startup lain seperti Brick (seri A), Bukukas (seri C), Sayurbox (seri C), dan sejumlah lainnya yang berselang kurang dari satu tahun dari putaran pendanaan sebelumnya.

Fintech masih menjadi primadona

Didasarkan pada jenis bisnis yang diminati investor, seperti tahun-tahun sebelumnya, fintech masih kokoh di urutan paling atas. Sebenarnya jika ditelisik lebih dalam, model bisnis yang ada di dalamnya juga berkembang, contohnya tahun ini mulai banyak startup yang menggarap solusi Earned Wage Access untuk pencairan gaji karyawan lebih awal -- Wagely dan Gajiku adalah dua pemain yang mendapatkan pendanaan di segmen ini.

DANA menjadi startup fintech yang mendapat total pendanaan terbesar tahun ini. Lewat corporateround yang dapat dari PT Dian Swastika Sentosa Tbk (bagian dari konglomerasi Sinar Mas Group), startup yang dipimpin Vincent Iswara ini berhasil mendapatkan tambahan dana modal $225 juta untuk memenangkan persaingan ketat aplikasi e-money. Akulaku juga mendapatkan pendanaan tambahan $100 juta dari Siam Commercial Bank, melonjakkan valuasinya di atas $1 miliar. Kini masuk ke dalam daftar unicorn next.

The most active investor

Dari data pendanaan yang ada, turut dicatat nama-nama investor yang paling aktif berpartisipasi dalam setiap putaran pendanaan yang ada. Per kuartal ini, East Ventures dan AC Ventures menduduki peringkat teratas dari sisi kuantitas partisipasi pendanaan. Bahkan keduanya ada di beberapa putaran pendanaan yang sama. Baik EV dan ACV memiliki fund yang diinvestasikan untuk startup tahap awal dan lanjutan.

Selain itu Sequoia Capital India juga menjadi yang cukup aktif berinvestasi – khususnya sebagai tindak lanjut dari program akselerasi mereka Surge, sejumlah startup Indonesia mengikuti program tersebut.

InvestorJumlah Putaran
East Ventures13
AC Ventures13
Redwood Capital India9
And Combinator5
Alpha JWC Ventures5
Alto Partners5
Insignia Ventures5

Sejumlah investor berpotensi meningkatkan jumlah dan nilai investasinya tahun ini, menyusul dana kelolaan yang berhasl ditutup. ACV sendiri Desember 2021 lalu mengumumkan penutupan dana kelolaan ketiga 3 triliun Rupiah. Alpha JWC Ventures juga tahun lalu mengumumkan dana kelolaan 6,1 triliun Rupiah yang akan banyak digelontorkan tahun ini.

Belum lagi sejumlah rencana dana kelolaan baru yang akan meluncur tahun ini, seperti Indonesia Impact Fund, Merah Putih Fund, dan sebagainya. Mengindikasikan di waktu yang akan datang tren pendanaan akan semakin besar – apalagi sejumlah pemodal telah merasakan keberhasilan dari capaian exit yang mengagumkan – melalui M&A dan/atau IPO.

More Coverage:

Yang tak kalah menarik, di kuartal ini angel investor berpartisipasi dalam 28 putaran pendanaan. Di satu putaran, sebagian besar diisi oleh lebih dari 3 angel berlatar belakang founder startup (centaur and unicorn). Kami melihat ini menjadi sebuah tren life cycle yang menarik, saat founder di generasi sebelumnya yang berhasil memiliki bisnis signifikan mau mendukung generasi founder next.

Dan jika dulunya angel investors kesannya hanya mendukung di putaran pre seed or angel round, kini partisipasinya mulai tersebar, dari pendanaan tahap awal sampai tahap lanjutan.

Pendanaan terbesar sepanjang Q1 2022

Berikut ini adalah daftar pendanaan dengan nilai terbesar sepanjang Q1 2022.  Data berikut adalah putaran investasi yang membukukan setidaknya $20 juta:

StartupsSectorRoundFundingInvestor
DANAFintechCorporate Rounds $225,000,000PT Dian Swastika Sentosa Tbk (bagian dari Sinar Mas Group), PT Bank Sinarmas
my capitalFintechSeries C $144,000,000Softbank Vision Fund 2, VNG Corporation, Rapyd Ventures, EDBI, Indies Capital, Ascend Vietnam Ventures, Sequoia Capital India, BRI Ventures
VegetableboxOnline GrocerySeries C $120,000,000Northstar Group, Alpha JWC Ventures, Finance Corporation (IFC), Astra, Syngenta Group Ventures, Global Brain
AkulakuFintechCorporate Rounds $100,000,000Siam Commercial Bank
eFisheriesAquatechSeries C $90,000,000Temasek, SoftBank Vision Fund 2, Sequoia Capital India, Northstar Group, Go-Ventures, Aqua-Spark, Wavemaker Partners
Cash bookSaaSSeries C $80,000,000Tiger Global, Sequoia Capital India, CapitalG, angel investor
PluangwealthtechSeries B $55,000,000Accel, BRI Ventures, Gold House, Square Peg, Go-Ventures, UOB Venture Management, Openspace Ventures, Angel Investor
CoinworksFintechSeries C $43,000,000MDI Ventures, Quona Capital, Triodos Investment Management, Saison Capital, AC Ventures, East Ventures
MoladinCar MarketplaceSeries A $42,000,000Northstar Group, Sequoia India, East Ventures, GFC
JULOFintechSeries B $35,300,000Credit Saison Asia Pacific, PT Surya Nuansa Cerita, Quona Capital, AC Ventures, Gobi Partners, Central Capital Ventura
ArunaAquatechSeries A $30,000,000Vertex Ventures, Prosus Ventures, AC Ventures, East Ventures, Indogen Capital, SMDV, SIG Venture Capital
AstroOnline GrocerySeries A $27,000,000Accel, Sequoia Capital India, AC Ventures, Global Founders Capital, Lightspeed, Goodwater Capital, Angel Investor
XuryaNew EnergySeries A $21,500,000East Ventures, Saratoga, Schneider Electric, New Energy Nexus Indonesia
safeFintechSeries B $20,000,000Insignia Ventures Partners, BEENEXT, Integra Partners

 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transactions....
Transaction Failed
try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transactions....
Transaction Failed
try Again