7 January 2022

by Galih

Nexon Gelontorkan Dana untuk Investasi ke Sutradara Avengers: Endgame, Russo Bersaudara

Nexon kelihatannya ingin memperluas popularitasnya ke dunia film.

Dengan semakin meleburnya dunia hiburan saat ini membuat banyak pemain dalam industri video game untuk mulai bekerja sama dengan industri lain seperti film, musik, dan media hiburan lainnya.

Seperti Valve dan Riot Games yang masing-masing membawa game mereka ke dalam Netflix lewat serial animasi. Ataupun berbagai adaptasi franchise film seperti Avatar, Star Wars Jedi: Fallen Order,  hingga The Matrix Awakens.

Maka dari itu bukan hal yang aneh bila akhirnya publisher asal Korea Selatan -- Nexon berinvestasi ke dunia perfilman lewat AGBO. AGBO sendiri merupakan rumah produksi film milik Anthony dan Joe Russo, dua kakak-beradik sutradara yang terkenal lewat Avengers: Infinity Wars dan Avengers: Endgame.

image credit: Nexon

Nexon memberikan investasi minoritas sebesar $400 juta atau sekitar Rp5,6 triliun. Dengan tambahan $100 juta lagi atau sekitar Rp1,4 triliun pada pertengahan 2022 mendatang. Berkat investasi tersebut AGBO kini memiliki nilai valuasi sebesar $1,1 miliar atau sekitar Rp15,8 triliun.

Tujuan dari investasi Nexon ini adalah untuk mempercepat usaha mereka untuk masuk ke bisnis film dan TV melalui studio baru mereka, Nexon Studios. Studio yang akan berfokus pada film dan TV tersebut memang didirikan di Amerika Serikat dan menargetkan penonton di negeri Paman Sam tersebut.

"Kerja sama antara AGBO dengan Nexon merepresentasikan titik penting untuk media hiburan. Membawa titik temu antara film layar lebar dan video game lebih jauh dengan jangkauan global." Ungkap Russo bersaudara.

"Kolaborasi kami didasarkan pada visi yang sama untuk masa depan penceritaan serta untuk memanfaatkan talenta-talenta unik yang ada di kedua perusahaan."

Image credit: AGBO

Ke depannya, AGBO diminta untuk mendorong pengembangan dan produksi franchise-franchise baru. Sedangkan Nexon nantinya akan memiliki kesempatan untuk mengembangkan judul-judul baru tersebut ke dalam video game.

Sedangkan AGBO juga memiliki keleluasaan untuk melihat ke judul-judul game milik Nexon yang dianggap berpotensi untuk dikembangkan menjadi sebuah franchise hiburan yang lebih luas.

Meskipun telah memiliki tujuan masing-masing namun baik Nexon maupun AGBO masih memikirkan strategi spesifik tentang kolaborasi yang akan mereka lakukan bersama dan akan mengumumkannya beberapa bulan mendatang.