8 January 2022

by Daniel Hamiaz

Akuisisi Monster Games, iRacing Optimis Tingkatkan Kualitas Game serta Jangkau Pasar Konsol

iRacing dan Monster Games sedang mengerjakan sebuah proyek yang direncanakan rilis di tahun ini.

iRacing Motorsport Simulations atau iRacing baru saja resmi mengakuisisi Monster Games Inc. (MGI) pada 4 Januari 2022 lalu. Pembelian ini diharapkan akan meningkatkan kualitas game mereka selanjutnya di bawah naungan iRacing, serta membuka peluang baru di pasar yang lebih luas, termasuk konsol.

Monster Games merupakan sebuah Developer video game, yang berbasis di Minnesota, Amerika Serikat. Berdiri sejak November 1996, perusahaan ini memiliki sejarah panjang dalam perkembangan game balapan. Mereka dikenal dariย game seperti seri NASCAR Heat dan Tony Stewart's Sprint Car Racing game.

sumber: iracing.com

Pemilik dari Monster Games, Rich Garcia, merasa senang dan optimis, dengan bergabungnya dirinya ke dalam tim pengembang iRacing. Pasalnya, ia akan kembali bekerjasama dengan Dave Kaemmer, CEO & CTO dari iRacing. Keduanya pernah bekerja pada Papyrus Racing Games, sebuah perusahaan yang menjadi cikal bakal dari iRacing pada hari ini.

Garcia bersama timnya akan melanjutkan pengerjaan dari sebuah project, yang direncanakan bakal rilis di tahun 2022. Proses pengembangan ini nantinya akan memanfaatkan teknologi dan konten dari resources, yang berasal dari Monster Games, iRacing, dan Orontes Games, yang telah diakuisisi pada Desember 2021.

Pada masa pandemi ini, salah satu perusahaan video game yang memiliki pertumbuhan yang pesat adalah iRacing. Perusahaan ini menyediakan sim racing service yang mendetail dan realistis, dengan sistem subscription berbayar.

Dengan minimnya liga balapan di dunia olahraga konvensional, iRacing mampu tumbuh dan meraup banyak keuntungan. Basis pemain mereka saat ini telah mencapai lebih dari 20 ribu pemain, dari yang sebelumnya sekitar 110 ribu pemain per Januari 2020.

sumber: iracing.com

"Kami sangat bahagia untuk bisa mengumumkan berita ini," ujar presiden iRacing Tomy Gardner. "Rich dan timnya merupakan studio yang teruji, dengan kemampuan unik, yang benar-benar akan membantu tim kami di iRacing. Kami akan menambahkan produk-produk dari MGI, termasuk asset, grafis, dan teknologi. Kami juga melihat sebuah sinergi yang baik, yang dapat dimanfaatkan oleh setiap studio," tambahnya. "Walaupun demikian, strategi utama kami, nilai dan kultur kami akan tetap utuh, untuk membangun game balapan terbaik dan seralistis mungkin."