1. Startups

Optimizing the Participation of Founders and Startups in the Incubator Program

Describe the testimony of Founder Halofina, PrivyID, and Storial about their participation in local incubator/accelerator programs

The incubator or accelerator program will still be relevant now, especially for early-stage startups that are validating their business. In fact a lot of startup growth starts from there. In Indonesia, several names such as Payfazz, Halofina, Privy, and Storial are graduates of the program with different organizers.

Many things could be “takeaways” for founders – Of course this is not just talking about initial capital which is generally channeled through this program. To give you an idea of ​​what can be obtained founder when joining the incubator program, DailySocial trying to collect some testimonials from various sources.

Maturing business ideas, early collaboration opportunities

This story comes from the Founder & CEO of PrivyID Marshall Pribadi. The incubator program he participated in was Indigo made by the Telkom group. He said his involvement in the incubator created the right environment for the development of his startup business ideas and concepts.

"Ide PrivyID ini konsep awalnya berupa digital identity. With platform PrivyID, pengguna tidak lagi harus isi formulir pendaftaran lagi untuk Apply apapun, contohnya asuransi, kartu kredit, buka rekening bank, dan lain-lain. Biasanya, setiap kali mendaftar sesuatu, pengguna harus berulang kali mengisi data diri seperti nama, alamat, tanggal lahir, dan sebagainya. Untuk tanda tangannya dapat dilakukan secara digital. Ide seperti ini, di tahun 2015, masih asing," ujarnya.

Marshall melanjutkan, dengan masuk program inkubator Indigo, PrivyID tidak hanya mendapatkan investasi awal, tetapi juga berhasil memperoleh klien pertama dan ide yang berharga. Saat mentoring, ia mendapatkan saran mengenai username PrivyID yang disusun dari kombinasi 2 huruf inisial nama dan 4 digit nomor telepon genggam.

“Adanya Telkom Indonesia sebagai klien pertama juga membuat PrivyID lebih dipercaya oleh perusahaan-perusahaan lain yang ingin memanfaatkan layanannya,” ungkapnya.

Kesuksesan tetap ditentukan oleh founder

Selain pembelajaran dari mentor berpengalaman, keuntungan lain yang bisa didapat dari keikutsertaan startup di program inkubator/akselerator adalah memperluas jaringan ke ekosistem. Penyelenggara program umumnya memiliki platform yang menghubungkan antara startup, investor, atau stakeholder lain yang berpeluang untuk kolaborasi, termasuk dengan sesama startup lain. Hal ini turut dirasakan Co-Founder & CEO Halofina Adjie Wicaksana.

Adjie dan startupnya tergabung di program GK-Plug and Play Indonesia. Menurutnya, manfaat sebuah program pengembangan bisnis seperti ini akan sangat tergantung pada tingkat partisipasi founder. Untuk itu, sebelum memulai program (bahkan mendaftar), pastikan founder punya target capaian yang jelas – apa yang ingin mereka optimalkan melalui program ini. Apakah mencari investor, mendapatkan mentor, mematangkan produk, atau lainnya.

"Set our own target expectation. Pada akhirnya, program akselerator adalah sebuah fasilitas. Kita sendiri yang perlu melakukan berbagai upaya untuk memaksimalkan kesempatan tersebut. Melakukan goal setting di awal akan membantu kita meraih hasil optimal dari program tersebut,” ujar Adjie.

Mengoptimalkan keikutsertaan

Startup pengembang platform publikasi konten kreatif Story juga sempat mengikuti program akselerator Skala. Co-Founder & CEO Steve Wirawan mengatakan, keikutsertaannya di program tersebut memberikan banyak pembelajaran, termasuk mengenai pengembangan produk, membangun tim yang efisien, menentukan prioritas, dan perluasan jaringan bisnis. Hadirnya mentor berpengalaman begitu dirasakan manfaatnya.

"Always be hungry to learn. Unlearn what you've already known, drop all the assumptions that was already built in your mind and re-learn. Selalu memiliki rasa ingin tahu dan minta akses ke banyak network untuk diperkenalkan," ujar Steve memberikan kiatnya.

Question Yago's defensive effortfounder di program inkubator ini juga diamini Marshall. “Jika ingin optimal dalam mengikuti program inkubator, jangan berpikir bahwa dengan masuk inkubator semuanya akan diberikan dari mentor hingga investasi. Inkubator ada untuk menyediakan environment yang sesuai untuk ide bisnis yang dimiliki.”

Founder atau startup sendirilah yang harus bisa tumbuh dan berkembang melalui lingkungan yang disediakan. Selain itu, menurut Marshall, jangan pula meremehkan kebaikan-kebaikan dari orang yang ditemui.

Memilih program yang pas

Makin berkembangnya ekosistem startup di Indonesia – khususnya terkait minat anak muda untuk menjadi founder startup – ditanggapi baik para penyelenggara program inkubator. Para penyelenggara tersebut hadir dari berbagai kalangan, mulai dari korporasi, media, pemodal ventura, hingga institusi lainnya. Latar belakang tersebut kadang memberikan diferensiasi antar program.

More Coverage:

Program IDX Incubator yang diprakarsai Bursa Efek Indonesia misalnya, mendesain programnya untuk startup yang berminat go public atau IPO. Beda lagi dengan Mandiri Digital Incubator yang digawangi perusahaan perbankan dan mendampingi startup di bidang keuangan. DSLaunchpad, yang dihadirkan DailySocial, secara khusus memfasilitasi para founder (terutama di luar Jawa) untuk bisa mengikuti program mentoring in a manner online. Ada juga Simona Ventures yang disajikan khusus untuk founder woman.

Meskipun demikian, biasanya memiliki aktivitas-aktivitas umum yang sama, seperti bimbingan dengan pakar dari industri, networking, hingga membagikan sumber daya. Spesialisasi tadi bisa menjadi tambahan pertimbangan founder untuk memilih sebuah program inkubator/akselerator. Apalagi saat ini terbuka akses bagi pelaku startup Indonesia untuk bergabung dengan program global, misalnya Y Combinator, Google Launchpad Accelerator, Surge, dan lain-lain.

Sudah ada sejumlah penyelenggara program inkubator/akselerator startup di Indonesia. Beberapa yang masih aktif di antaranya adalah:

Program nameOrganizerWebsite
DigitarayaDigitarayahttps://digitaraya.com/
DSLaunchpadDailySocialhttps://dailysocial.id/dslaunchpad
GK-Plug and PlayGan Kapital, Plug and Play Indonesiahttps:/plugandplaytechcenter.com/indonesia/
GnB AcceleratorPegasus Tech, Infocom Corporationhttps://gnb.ac/
IDX IncubatorIndonesia stock exchangehttp://idxincubator.com/
Indigo Creative NationTelkomGrouphttp://indigo.id/
CollaborationCollaborationhttps://kolaborasi.co/
Mandiri Digital IncubatorMandiri Capital Indonesiahttps://mandiri-capital.co.id/en/mandiri-digital-incubator/
ScaleInnovation Factory, Strivehttps://joinskala.com/
Simona VenturesDigitarayahttp://simona.ventures/
Skystar VenturesUniversitas Multimedia Nusantara, Kompashttp:/skystarventures.com/
SynergyCentral Asia Bankhttps://synrgy.id/
XcelerateGojekhttps://www.gojek.com/gojekxcelerate/
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transactions....
Transaction Failed
try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transactions....
Transaction Failed
try Again