10 June 2021

by Lukman Azis

Laptop untuk Belajar Anak ASUS BR1100 Resmi, Harga Mulai Rp4.944.000

ASUS BR1100 tersedia dalam dua varian,desain clamshell Rp4.944.000 dan Rp5.749.000 untuk desain convertible

ASUS akhirnya secara resmi memperkenalkan BR1100, sebuah laptop yang dirancang khusus untuk memenuhi kegiatan belajar anak-anak usia muda. Hadir dengan serangkaian fitur khusus seperti rugged design dan telah dilengkapi berbagai modul pengaman khusus sehingga aman serta nyaman digunakan oleh anak-anak.

"Peran laptop sebagai perangkat pendukung kegiatan belajar anak-anak semakin tinggi, apalagi saat ini kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online melalui sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ). ASUS BR1100 merupakan salah satu solusi yang kami tawarkan untuk mengatasi kendala dalam kegiatan belajar mengajar di era modern. Dirancang khusus sebagai laptop untuk belajar, ASUS BR1100 hadir dengan desain tangguh dan telah dilengkapi berbagai fitur yang memungkinkan kegiatan belajar dapat dilakukan secara lebih interaktif dan menyenangkan," ujar Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia.

ASUS menghadirkan dua varian laptop BR1100 kali ini. Pertama adalah ASUS BR1100CKA yang hadir dengan desain clamshell dan dibanderol mulai dari Rp4.944.000. Kedua adalah ASUS BR1100FKA dengan harga mulai dari Rp5.749.000 dan memiliki desain convertible yang fleksibel sehingga dapat memaksimalkan interaksi saat anak-anak belajar.

Mengingat anak-anak sangat aktif, ASUS pun membuat bodi laptop ini lebih tangguh agar aman saat digunakan. ASUS BR1100 telah dilengkapi berbagai modul pengaman khusus, seperti lapisan karet pelindung di sekeliling bodi sehingga dapat meredam benturan dan memastikan komponen penting di ASUS BR1100 tetap terjaga.

Berkat spill-resistant keyboard, laptop ini dapat tetap berfungsi dan terlindungi meski bagian keyboard-nya terkena tumpahan cairan. Selain itu, penggunaan desain komponen yang modular, membuat laptop ini mudah untuk dirawat sehingga ketika terjadi kerusakan proses perbaikan akan lebih cepat.

Ketangguhan ASUS BR1100 dibuktikan dengan mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD-810H). ASUS BR1100 telah dinyatakan lolos untuk setidaknya 22 jenis pengujian ekstrem mulai dari uji penggunaan pada suhu ekstrem hingga uji terhadap benturan dan vibrasi.

Didesain untuk Pembelajaran Jarak Jauh

Laptop yang menjadi perangkat menemani kegiatan pembelajaran jarak jauh tentu harus dilengkapi dengan konektivitas yang lengkap. Untuk itu ASUS BR1100 dilengkapi WiFi 6 yang memiliki kecepatan transfer data serta kualitas konektivitas yang lebih baik sehingga kegiatan pembelajaran jarak jauh dapat dilakukan tanpa hambatan koneksi.

ASUS BR1100 juga dilengkapi teknologi AI noise cancelling. Teknologi tersebut memungkinkan suara bising yang ada di sekitar pengguna untuk dapat dihilangkan secara otomatis sehingga komunikasi anak dengan guru dapat lebih jelas dan lancar. Kameranya dilengkapi fitur noise reduction, membuat wajah pengguna dapat ditampilkan lebih jelas dan minim noise saat melakukan kegiatan tatap muka secara online.

ASUS BR1100 ini didesain agar dapat menemani anak-anak belajar seharian berkat daya tahan baterai hingga 10 jam. ASUS juga membekali dengan port yang cukup lengkap. Mulai dari USB Type-C, USB Type-A, HDMI, Ethernet, dan 3.5mm audio jack. Desain modularnya memungkinkan ASUS BR1100 dapat di-upgrade dengan mudah. ASUS juga menyediakan opsi upgrade berupa satu tambahan slot M.2 yang dapat menampung SSD berkapasitas hingga 1TB.

Teknologi layar sentuh dengan sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk kategori low blue-light emissions dan dukungan stylus juga dihadirkan khusus untuk varian ASUS BR1100FKA. Kelengkapan stylus ini sifatnya opsinal pada ASUS BR1100FKA dan bisa disimpan di dalam kompartemen pada bodi laptop ini.

ASUS turut menghadirkan BacGuard, teknologi anti bakteri tersebut diaplikasikan pada bagian keyboard yang merupakan bagian paling sering disentuh oleh anak-anak. BacGuard bekerja sebagai lapisan pelindung yang memungkinkan bakteri tidak dapat berkembang biak dan menjaga ASUS BR1100 tetap higienis. BacGuard telah terbukti mampu menekan pertumbuhan bakteri berbahaya seperti E.coli dan Staphylococus aureus pada permukaan keyboard dalam kurun waktu 24 jam dengan tingkat efektivitas hingga 99% dan teruji melalui sertifikasi ISO 22196 serta JIS Z 2801.