30 May 2018

by Bambang Winarso

Cara Menambahkan Pilihan Bahasa di Blog WordPress

Berkat plugin ini, membuat website dengan dua bahasa atau lebih di WordPress menjadi sangat mudah

WordPress memberikan opsi kepada penggunanya untuk memilih jenis bahasa default, termasuk Bahasa Indonesia. Sedangkan untuk urusan konten, WordPress lepas tangan karena akan tergantung pada pengelola akan menulis dalam bahasa apa. Tapi, jika Anda membidik pembaca dari seluruh dunia, tak ada salahnya menambahkan pilihan banyak bahasa di blog WordPress Anda.

Untungnya, ada banyak pula plugin yang mendukung rencana Anda ini. Salah satunya yang paling populer adalah pluginGtranslate.

  • Langkah pertama, arahkan kursor ke menu Plugins kemudian klik Add New atau Tambah Baru.
  • Di direktori plugin, ketikkan kata kunci translate di kolom pencarian.
  • Hasilnya akan muncul salah satu plugin bernama Translate WordPress with GTranslate, klik Install Now lalu Activate, atau Pasang sekarang lalu klik Aktifkan.

  • Setelah aktif, maka akan ada menu baru berlabel GTranslate di menu Settings/Pengaturan. Klik menu Gtranslate untuk melakukan penyesuaian terlebih dahulu.
  • Ada 5 langkah penting yang harus dilakukan, pertama pilih bagaimana bentuk widget (1), kemudian pilih jenis bahasa asal (2), lalu pilih di mana widget translate akan ditampilkan, misalnya di menu (3), atau bisa dengan floating. Lanjut, pilih jenis bahasa yang ditawarkan ke pembaca (4) dan terakhir simpan pengaturan (5).

  • Kita coba lihat hasilnya. Di percobaan ini, widget terjemahan tampil di menu navigasi sesuai dengan pengaturan di atas.

  • Opsi posisi lainnya, misal posisi floating di mana widget terjemahan akan selalu mengikuti posisi pembaca. Anda tinggal mengaktifkan opsi show floating language selector, lalu tentukan posisinya.

  • Opsi terakhir, Anda juga bisa menampilkan widget terjemahan di sidebar, footer atau posisi lain menggunakan panel Widget. Tinggal arahkan klik menu Tampilan - Widget.

Sangat mudah dan sederhana. Plugin juga bekerja secara instan tanpa memuat ulang halaman di mana pembaca berada. Plugin ini juga menawarkan ratusan bahasa di seluruh dunia secara cuma-cuma.

Sumber gambar header Pixabay.