Feature

Bantu Bangun Kepuasan Pelanggan, Qontak Integrasikan Chatbot Ramah dalam Messenger API

Percakapan dengan chatbot Qontak terasa nyata, karena didukung oleh NLP (Natural Language Processing).

Dengan perkembangan teknologi semua hal dituntut untuk serba cepat. Hal ini juga berlaku di dalam lingkungan bisnis, kecepatan dibutuhkan baik dalam hal pemasaran, transaksi, hingga dalam hal pelayanan pelanggan. Menurut riset dari PwC, 73% konsumen mengatakan customer experience merupakan faktor esensial dalam melakukan keputusan pembelian.

Saat ini pelaku bisnis memanfaatkan berbagai media sosial sebagai saluran customer service. Kemudahan akses ini menyebabkan volume pesan dari pelanggan yang masuk semakin meningkat sehingga membuat pelaku bisnis kewalahan dalam melayani pelanggan. Keadaan ini dapat terus berkembang dan menyebabkan penilaian yang buruk untuk pelaku bisnis karena keterbatasan waktu yang tersedia.

Permasalahan yang berhubungan dengan customer service dan kecepatan pelayanan pelanggan dapat diatasi dengan menggunakan chatbot. Teknologi chatbot merupakan robot virtual dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelligent) yang mampu menirukan percakapan manusia dalam bentuk teks atau suara melalui aplikasi pesan instan, website, atau aplikasi mobile.

Penggunaan chatbot memungkinkan sebuah bisnis untuk meningkatkan produktivitas customer service dengan merespon pertanyaan pelanggan dengan lebih optimal. Beberapa manfaat yang didapatkan dari penggunaan chatbot untuk bisnis yaitu tidak terdapat keterbatasan waktu dalam melayani pelanggan, tidak perlu repot dalam menjawab pertanyaan yang berulang dari pelanggan, dan dapat melayani pelanggan baik dalam jam ramai maupun jam-jam senggang.

Interaksi lebih alami dan ramah, Qontak integrasikan NLP (Natural Language Processing)

Qontak adalah perusahaan Omnichannel CRM yang menyediakan layanan chatbot dengan metode contextual sehingga memungkinkan chatbot untuk terus berkembang dalam merespon berbagai bentuk pertanyaan. Chatbot Qontak juga dilengkapi dengan NLP (Natural Language Processing) sehingga bahasa yang digunakan lebih natural.

Chatbot Qontak menggunakan Bot Frequently Asked Question (FAQ) untuk merespon semua pertanyaan dan permintaan pelanggan secara otomatis, siapkan kata kunci tertentu dan alur bisnis yang dapat disesuaikan (customizable) tanpa batas untuk mengelola prospek dan pelanggan. Penggunaan chatbot ini tidak hanya bisa digunakan oleh perusahaan besar, namun bisa juga digunakan oleh e-commerce, lembaga pendidikan, hingga UKM sekalipun. Lebih dari 1000 bisnis termasuk Ajinomoto, Rumah Sakit Mayapada, Fabelio, iPot Sekuritas, Alodokter, dan Institut Teknologi Bandung (ITB) telah menggunakan chatbot dari Qontak.

Selain itu, dalam mendukung bisnis go digital, Qontak juga menerapkan sistem omnichannel yang didukung oleh berbagai fitur tambahan guna memudahkan pengelolaan customer service dan penjualan. Omnichannel adalah model bisnis lintas channel yang mengutamakan pengalaman pelanggan yang menggunakan berbagai channel online dan offline sekaligus.

Pelaku bisnis yang menggunakan beragam media sosial seperti WhatsApp Business, DM Instagram, dan lainnya bisa mengintegrasikan media sosialnya ke dalam satu aplikasi seperti Qontak agar dapat menghemat banyak biaya dan waktu serta meningkatkan pelayanan pelanggan, sesuatu yang diperlukan khususnya saat pandemi.

Fitur lain yang disediakan oleh Qontak yaitu WhatsApp API dan Instagram API yang dapat mengotomatisasi chat dan mempercepat layanan pelanggan di toko online sehingga penjualan dapat meningkat. Qontak juga melengkapi setiap channel komunikasi baik pada percakapan, call center, atau media sosial dengan memanfaatkan saluran seperti WhatsApp, Facebook Messenger, Instagram, Line, Telepon, Email, dan lainnya dalam satu platform terpadu.

Layanan otomasi bisnis Qontak ini bisa langsung pelaku bisnis rasakan secara gratis selama periode uji coba.

***

Disclosure: Artikel ini didukung oleh Qontak

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again