21 May 2013

by wiku

XL Siap Hadirkan Layanan E-Commerce?

Sebuah perkembangan muncul dari perusahaan telekomunikasi XL Axiata. Dikabarkan, XL akan meluncurkan layanan e-commerce dengan menggandeng perusahaan asal Korea dan meluncurkan perusahaan joint venture.

XL Axiata baru saja mengumumkan kerja sama dengan SK Planet dan akan bekerrja sama untuk membuat layanan e-commerce di tanah air.

Perusahaan patungan ini akan dimiliki secara bersama dengan kepemilikan masing-masing 50%. Modal yang disetorkan adalah $18.3 juta. Perusahaan patungan ini diharapkan akan memberikan pendapatan baru dan memperkuat merek XL di industri telekomunikasi Indonesia.

SK Planet sendiri adalah anak perusahaan SK Telecom (perusahaan telekomunikasi asal Korea) mereka telah memiliki berbagai produk digital seperti toko aplikasi, jejaring sosial dan portal internet. Mereka memiliki pula layanan navigasi serta situs lelang dan situs belanja serta jaringan ritel untuk produk dan layanan teknologi.

Di Indonesia, SK Planet bukanlah pemain asing, mereka telah bekerja sama dengan Telkom untuk menghadirkan layanan musik MelOn.

Belum jelas produk apa yang akan dijual oleh e-commerce dari XL dan SK Planet ini, apakah akan menjual barang fisik, digital atau keduanya atau mungkin membawa situs lelang dan belanja online dengan model yang disesuaikan dengan pasar lokal.

Langkah XL ini menambah daftar pemain e-commerce di tanah air dan menambah usaha perusahaan telekomunikasi untuk masuk ke ranah e-commerce, setelah sebelumnya Telkom dengan Plasa-nya.

Kita nantikan bentukan, layanan dan produk e-commerce seperti apa yang akan ditawarkan XL Axiata lewat perusahaan patungan dengan SK Planet ini.

Sumber artikel IndoTelko, Bisnis Indonesia,DailySocial.