Mau Nonton YouTube Tanpa Gangguan Iklan? Bisa, Ini Syaratnya

Punya harapan menonton video YouTube tanpa iklan? Jika iya, harapan Anda akan jadi kenyataan, pasalnya empunya Youtube, Google baru saja mengumumkan segera memberlakukan layanan baru yang membuat Anda leluasa menikmati video tanpa iklan. Tapi ada syaratnya, Anda harus rela merogoh dompet lebih dalam setiap bulan.

Dalam pemberitahuan melalui surat elektroniknya, YouTube menjelaskan rencana penawaran opsi baru kepada pengunjung berupa layanan berbayar yang akan memberikan akses video tanpa iklan. YouTube juga mengharuskan seluruh YouTube Partners untuk menyetujui syarat baru di Creator Studio Dashboard yang dipastikan segera berlaku pada tanggal 15 Juni 2015 mendatang.

Gelagat Google untuk beralih ke sistem berbayar sebenarnya sudah tercium sejak November lalu kala memperkenalkan program berlangganan bergaya musik, Music Key untuk kalangan tertentu. Google sudah menggelontorkan banyak biaya guna membayar talenta dan produser kreatif untuk memproduksi video-video orisinil dan sukses meraup 1 miliar kunjungan.

Info Menarik:Samsung Rilis Lagi Video “Penyiksaan” Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge

tak jauh berbeda dengan program barunya ini, YouTube akan menawarkan video tanpa iklan dengan biaya bulanan yang saat ini belum diketahui besarannya. Namun dengan jangkauan audiens yang lebih luas. Pendapatan dari biaya berlangganan itu 55 persennya akan diberikan ke para pemilik video sebagaimana telah disebutkan dalam email pemberitahuan mereka.

Jika rencana ini berjalan dengan mulus tanpa hambatan, maka secara otomatis Google akan berhadapan secara langsung dengan layanan serupa seperti Netflix, Hulu dan juga HBO Now. Namun dengan angka kunjungan dan kekuatan penggunanya, rasanya Google tak punya kekhawatiran jika memang harus berada di posisi tersebut.

Sementara jika berkaca pada layanan Music Key yang dibanderol $7.99 dari harga normal $9.99 termasuk akses offline, kemungkinan besar harga berlangganan program baru ini akan ditawarkan di kisaran harga tersebut. Bagaimana, bersedia membayar Rp 100-130 ribu untuk mengenyahkan iklan dari akun YouTube Anda?

Sumber berita Techcrunch dan gambar header nevodka/Shutterstock.